Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis Seperti Membuat Jus Segar

Menulis Seperti Membuat Jus Segar

Menulis Seperti Membuat Ekstrak

Banyak yang menganggap bahwa menulis tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Walaupun itu mungkin benar, hampir semua kita memiliki kecakapan dasar untuk menulis. Baik saat SMA ataupun kuliah.

Memang diakui bahwa menulis, sebagai kemampuan, ia berkembang sesuai momen, minat dan faktor eksternal. Di samping itu, menulis juga bagian dari membangun abstraksi gagasan dan butuh struktur mental dalam melakukannya. Menulis juga melibatkan seluruh bagian otak, perasaan, fisik dan waktu.

Beberapa tulisan butuh kedalaman, referensi akurat dan analisis yang tajam. Namun banyak pula tulisan, apalagi di era mobile dan digital sekarang, yang bersifat taktis, ala kadar, informis dan bernilai hibur tinggi.

Sebagai medium ungkap, tulisan memang membutuhkan pengalaman (tertentu) dan gaya pemyampaian yang khas. Setiap kita bisa menyesuaikan konten dan gaya tulisan itu menurut karakter atau yang termudah.bagi kita. Yang penting kita dapat meramu setiap pengalaman dan peristiwa menjadi makna baru yang layak disajikan, baik sebagai hiburan, informasi atau pelajaran.

Dalam poin ini menulis seperti membuat ekstrak dan memadu-padan semua unsur pengalaman agar berbuah makna. Minimal, tulisan itu menjadi jejak eksistensi dan ruang ekspresi yang melegakan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post