Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya
Navigasi Web
(Ada) Secercah Harap pada Mendikbud Baru?

(Ada) Secercah Harap pada Mendikbud Baru?

Secercah Harap pada Mendikbud Baru?

Banyak media yang menyoroti terpilihnya Nadiem Kariem sebagai Mendikbud Kabinet Kerja. Terutama karena faktor usianya yang paling muda dibanding menteri yang lainnya. Ia juga dianggap dapat mewakili suara (rasa) generasi milenial yang memerlukan inovasi dan skill, tidak bertumpu pada skolastik semata. Jejaknya yang dapat membuat Go Jek Go public dan sebagai pribadi mendapatkan penghargaan pemuda berpengaruh di Asia, dalam bisnisnya, Go Jek mencatatkan 2 milyar transaksi sepanjang tahun, hal hal di atas menjadikannya sangat relevan dengan konteks perubahan "moda" pendidikan Indonesia ke depan.

Dengan latar belakang pendidikan Nadiem yang diselesaikan di Indonesia dan pernah juga di Harvard untuk program MBA, penulis kira cukup memadai untuk dapat memetakan prioritas perbaikan dan penguatan mutu program di lingkup Kemendikbud.

Bila merujuk pada kata perkenalan Pak Jokowi tentangnya di awal pelantikan kemarin, prihal proyeksi link and match pendidikan serta penyiapan SDM yang siap pakai, agaknya ini memberi sinyal tentang penguatan sekolah kerja (vocation) dan kaitannya dengan perkembangan arus teknologi digital.

Setidaknya sang menteri bisa meletakkan dasar signifikan tentang Indonesia Maju atau Indonesia Emas ke depan yang berpijak pada penguatan di lini pendidikan dasar dan menengah, sambil tak lupa memberdayakan para guru sebagai parter utama, termasuk memayungi setiap lulusan keguruan agar mendapatkan tunjangan gaji yang layak melebihi pekerja di pabrik.

Taufik sentana

Bergiat di pendidikan Islam sejak 1996

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post