Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya

Seakan yang Kita Pinta Belum juga Dikabulkan

"Seakan Doa Kita belum Juga Dikabulkan"

Taufik sentana

Tak ada ajaran yang di dalamnya merangkum doa sebagai bingkai setiap aktivitas, selain ajaran Islam. Bahkan disebutkan bahwa doa menjadi "mukh" ,otaknya ibadah. Bila diartikan ibadah sebagai bentuk ketataan dengan cara tertentu, maka doa sama pentingnya sebagai suatu ketaatan, yang darinya muncul sikap khudhu' dan khusyu'.

Mungkin ada yang menyangkal bahwa ia tidak pernah meminta apapun, tidak pernah berdoa secara khusus dan sekadar bekerja dan beribadah" saja. Hal ini hanya menandakan bahwa orang tersebut telah abai akan satu hal : sikap lemah dan betapa tergantung kita akan Pencipta.

Bila nikmat adalah apa-apa yang telah ada pada kita dan rezeki adalah apa yang kita usahakan, maka sesuatu yang mungkin tidak kita minta, bisa sebagai karunia dan sering dianggap keberuntungan. Hanya saja, Allah selalu menguji kita dari yang Ia Beri atau Yang Ia Ambil lagi dari kita.

Jadi, terkabulnya doa kita atau tidak, di sisi Allah sama saja, tergantung sikap kita saat itu.

Karena dengan doa tadi kita merasa lemah, butuh pertolongan dan dilimpahi kebaikan. Allah akan sangat Malu bila menyaksikan hambaNya pergi (selepas berdoa) degan tangan kosong. Minimal, permintaan dan doa kita telah dicatat sebagai satu kebaikan (yang bernilai sepuluh) bila memenuhi sarat berdoa yang dianjurkan. Allah juga sangat senang bila Melihat kita terus berdoa. Bahkan terkadang ia memang menunggu air mata ini tumpah ( bukankah ada yang terselamat dari azab neraka karena tangisnya?)

Sedang Nabi kita juga berpesan bahwa, saat amalan kita ditimbang, maka kuota yang paling banyak adalah "pekerjaan" lisan kita, andai ini bisa kita cermati, tentu kita akan mengisi setiap waktu kita dengan rangkaian doa. Dan tidaklah Allah menyiakan setiap amalan hambanya. Walau " menurut kita" seakan Allah belum juga Mengabulkan yang kita pinta. Tapi yakinlah bahwa wujud doa itu bisa saja dinikmati oleh keturunan kita esok atau akan tercatat dalam timbangan keabadian.Jadi, marilah terus berdoa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul sekali pak guru, doa merupakan hal kecil tapi besar makna dan dampaknys. Salam literasi dan barakallah

10 Oct
Balas

Trims buk..sama sama,

11 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali