Taufik sentana

Guru, konsultan pembelajaran dan ikatan dai indonesia. Menetap di Aceh barat bersama seorang istri dan enam orang anak....

Selengkapnya

Keistimewaan Hud Hud Nabi Sulaiman

Keistimewaan Hud Hud Nabi Sulaiman

Diantara nama binatang dalam Alquran yang disandingkan dengan redaksi yang baik adalah burung hud hud. Burung yang populer karena kisahnya diabadikan dalam Surah An-Namlu (ayat 20-26).

Dalam sistem kerajaan Nabi Sulaiman yang luas dan mencakup semua wilayah pada itu (untuk memantau wilayah yang jauh ia menggunakan kendaraan angin/awan, sebulan perjalanan biasa) sedang semua jenis makhluk ditundukkan Allah untuk Nabi Sulaiman, (diantaranya ada jin dengan tugas khusus mengambil perhiasan/mutiara dari dasar laut), maka Hud-hud hanyalah bagian dari pasukan biasa.

Namun si hud hud yang seukuran merpati, dengan kemampuan terbang yang rendah dan bukan tipe burung penjelajah, ia telah melampau harapan Nabi Sulaiman. Hal itu karena si hud hud dengan ilham dan "pemahamannya" akan risalah Nabi Sulaiman telah menemukan fakta terbaru tentang wilayah Saba', kota yang dipimpin seorang ratu yang ingkar kepada Allah " Mengapa mereka bisa menyembah matahari, padahal Allah telah memberi mereka rezeki dari langit dan bumi?", begitu ungkapan Hud hud kepada Nabi Sulaiman saat ia diminta menyampaikan alasan keterlambatannya dalam "rapat" besar pasukan kerajaan.

Dialog di atas dan beberapa dialog lainnya dalam kisah tersebut bukan fiksi atau fiktif, kesemuanya merupakan realitas pada masa kerajaan Nabi Sulaiman. Dihadirkan kepada kita lewat wahyu yang diterima oleh Nabi kita Muhammad SAW.

Dan kisah si burung hud hud ini menjadi pelajaran yang besar tentang kehebatan dan kekuatan yang mesti dioptimalkan, walau dengan kapasitas diri yang kecil. Kehebatan itu akan tetap muncul seiring Ilham dari Allah dan seberapa kuat kita membaca visi hidup (si hud hud sangat meyakini ajaran Nabi Sulaiman) sebagai gambaran dari tugas yang kita emban. Baik dalam skala personal, sosial dan dakwah ilallah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Hud hud diabadikan Allah di dalam Al Quran untuk tamsilan bagi kita dalam menjalankan kewajiban sebagai hamba kepada sang Khalik. Jazakallah khoir untuk kisah inspiratif ini, Pak Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

11 Jan
Balas

Paparan luar biasa dikemas apik bercerita tentang zaman Nabi Sulaiman yang memiliki kemampuan menundukkan berbagai makhluk Allah, seperti Hud-Hud. Cerita burung kecil, namun punya peran besar terkait kisah wanita hebat dari negeri Saba, yang kemudian mengikuti agama Nabi Sulaiman. Sukses selalu dan barakallah

11 Jan
Balas

Terima kasih buk. Cuma nukilan dari kajian pada tahun lalu.moga manfaat.

11 Jan

Sangat inspiratif

11 Jan
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali